Saklar Lampu dengan Bluetooth

Selamat pagi semua... salam smart untuk kita semua.

Setelah kita kemarin menerapkan timer untuk saklar otomatis,kali ini kita akan belajar membuat saklar otomatis dengan bluetooth..., Jadi gini.. kita bisa mengontrol(menyalakan dan mematikan) peralatan listrik dengan HP android via bluetooth,, zaman sekarang udah pasti dong hp.nya android dan sudah ada bluetooth pastinya.

Saklar bluetooth ini bisa diaplikasikan buat yang gk mau susah-susah nyalain lampu(harus mendekati saklar dan memencetnya)sedangkan posisinya jauh. misal kita punya rumah 2 lantai,posisi kita di lantai atas sedangkan kita mau nyalain lampu di lantai bawah kita tinggal buka hp dan nyalakan lampu.Bisa juga kita aplikasikan untuk saklar pada alat yang berbahaya seperti lampu penerangan jalan,biasanya kalau hujan saklar bisa nyetrum,kita bisa aplikasikan alat ini.Bisa juga kita pakai untuk menyalakan motor...

Oke langsung aja kita belajar membuatnya....
Kita siapkan dulu part.nya
  1. Arduino board
  2. Modul Bluetooth HC06/HC05 (Saya sarankan memakai seri HC05 karena spek lebih diatasnya HC06)
  3. Modul relay
  4. Power suply 5V
 Pertama kali yang harus kita lakukan sebelum membuat rangkaiannya yaitu kita atur dulu device bluetooth kita (nama bluetooth,password dll.) dengan AT Command.
Rangkai bluetooth dengan arduino seperti berikut

Rangkaian AT Command Bluetooth HC05

Setelah itu kita buka software IDE.nya... kita upload sketch kosong ke board Arduino.Sebelum di upload perlu diingat koneksi RX dan TX bluetooth dilepas terlebih dulu. Maksudnya ketika mengupload sketch kososng modul bluetooth jangan dipasang dulu.


Upload sketch kosong seperti disamping. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan program pada board arduino.



Setelah sketch berhasil diupload,lepas arduino dari komputer dan pasang kembali Rx Tx bluetooth ke arduino seperti skema diatas tadi. Tekan tombol pada modul bluetooth sambil masukkan port USB arduino ke komputer. Lepaskan tombol jika arduino sudah terpasang ke komputer.Lihat kedipan led pada modul bluetooth,jika kedipan sekitar 2/3menit(sedikit lambat) bererti bluetooth sudah masuk ke mode AT Command.

Klik Serial monitor,setting baud rate ke 38400. Pilih Both NL & CR.












Ketik AT pada serial monitor kemudian send maka akan mendapat balasa OK
Ketik command lain untuk pengaturan lebih lanjut.
berikut beberapa contoh Command
  1. AT+VERSION untuk mengetahui versi bluetooth
  2. AT+NAME  untuk mengetahui nama bluetooth
  3. AT+NAME=Namabaru  untuk menggant nama bluetooth
  4. AT+PSWD=Passwordbaru  untuk mengganti password bluetooth


















Okeeee,,Pengaturan bluetooth sudah selesai,,sekarng kita buat rangkaiannya..
Rangkaiannya seperti berikut.


Untuk pin output bisa saja mengunakan pin lain. Jumlah output juga bisa disesuaikan kebutuhan, tapi untuk kali ini kita belajar 1 output dulu..
Untuk tahap selanjutnya yaitu kita buat sketch untuk arduinonya... silakan copy atau tulis kembali sketch yang sudah saya buat berikut :

#define lampuA  13    

int perintah;
boolean lampA;

void setup() {  
      pinMode(lampuA, OUTPUT);
      Serial.begin(9600);
  }
 
void loop(){
if (Serial.available() > 0) {
  perintah = Serial.read();
 
if (lampA) {digitalWrite(lampuA, HIGH);}
else {digitalWrite(lampuA, LOW);}


switch (perintah) {

case 'A':lampA = true;break;
case 'B':lampA = false;break;

}
}
}


Upload sketch tersebut ke arduino. INGATT ketika mengupload sketch koneksi RX TX bluetooth dilepas terlebih dulu. Jika sudah terupload pasang kembali seperti skema semula.Saklar bluetooth sudah jadi dan bisa kita aplikasikan.. terus bagaimana menggunakannya???? Untuk menggunakannya kita harus membuat aplikasi android.nya...
Tapi tenang... saya sudah membuatnya..untuk belajar kalian bisa mendownloadnya berikut.
https://www.mediafire.com/file/ry683cozk40wgqc/menyalakanlampu%282%29.apk/file
atau hubungi kontak dibawah nanti saya kirim via e.mail

Caranya,setelah aplikasinya di download,instal seperti biasa,Ketika menginstal mungkin akan diprotek oleh andrid,maka dari itu matikan dulu proteksi androidnya. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi,pasangkan bluetooth,dan kita sudah bisa mengontrol saklar melalui hp android kita.

Jika kalian ingin membuat sendiri aplikasinya kalian bisa membuatnya dengan MIT APP INVENTOR2 atau android studio. Untuk belajar membuat aplikasi android melalui MIT APP INVENTOR2 akan kita bahas di postingan selanjutnya.Update terus ya biar tidak ketinggalan postingan.

Sekian belajar kali ini, selalu baca dari berbagai referensi.Sayapun masih banyak belajar,asih banyak kekurangan, oleh karena nya masukan dan komentar selalu saya harapkan. Silakan komentar ataupun bertanya untuk bahan kita berdiskusi. Terimakasih..

 

Komentar

Postingan Populer